Senin, 13 Juli 2015

CARA PANEN JAMUR MERANG





Untuk memanen sebuah jamur pun harus memiliki cara khusus agar panen yang didapat bisa melimpah dan berkualitas. Jadi, anda pun harus mengetahui sedikit ilmu yang ingin saya bagikan ini.
Satu kumbung pembudidayaan jamur merang dengan segala proses yang telah dipersiapkan seperti  pada postingan sebelumnya dapat menghasilkan masa 20 hari panen secara berturut-turut. Selama masa panen ini, akan terjadi 3 kali puncak panen dimana jamur akan tumbuh hingga tiga kali lipat dari biasanya . jika rata-rata jamur panen mencapai 10-15 kg per hari, maka pada puncak panen ini akan mencapai angka 90 kg sekali panen. Masa puncak ini terjadi pada hari ke-3 panen dan kelipatannya. Pada puncak panen ini pemasaran pun harus lebih ekstra agar hasil yang didapat pun bisa sepadan.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memanen jamur merang:

1.       Sebaiknya menggunakan pisau kecil yang steril agar tidak mengganggu jamur merang lainnya yang belum siap panen.
2.       Jamur merang harus memiliki tempat peraduan segera setelah dipanen dari medianya, jangan biarkan jatuh ke lantai.
3.       Pastikan tidak ada media yang berceceran ke lantai saat masa pemanenan berakhir.
4.       Buatlah sedikit aerisasi dengan membuka sedikit pintu dan jendela untuk memberikan sedikit oksigen pada pemanen. Usahakan jangan terlalu lama.
5.       Sangat baik apabila jamur langsung dipasarkan saat itu juga.

Demikianlah, semoga bermanfaat bagi para petani jamur merang diluar sana.

081-222222-825

Tidak ada komentar:

Posting Komentar